Selasa, 20 Mei 2014

SERTIFIKASI DI BIDANG IT

sumber :
  • http://netw0rksecurity.wordpress.com/category/sertifikasi/

Lembaga – Lembaga yang Melakukan Sertifikasi di Bidang IT
Sertifikasi profesional pada dasarnya memiliki 3 model, yaitu :
  • Dikembangkan oleh Profesional Society, sebagai contoh British Computer Society (BCS), Australian Computer Soicety (ACS), South East Asian Regional Computer Confederation (SEARCC) etc
  • Dikeluarkan oleh Komunitas suatu profesi, sebagai contoh Linux Profesional, SAGE (System Administration Guild), CISA(IS Auditing) [http://www.isaca.org/]
  • Dikeluarkan oleh vendor sebagai contoh MCSE (by Microsoft), CCNA (Cisco), CNE (Netware), RHCE (Red Hat) etc. Biasanya skill yang dibutuhkan untuk memperoleh sertifikat ini sangat spesifik dan sangat berorientasi pada suatu produk dari vendor tersebut.
Prosedur dan Persyaratan untuk Mengambil Ujian Sertifikasi untuk Setiap Jenis Profesi
  • Harus berdasarkan ujian dan cukup sulit dan memiliki beberapa tingkatan
  • Pusat pelatihan harus disertifikasi sebelum dapat menawarkan suatu sertifikasi
  • Sertifikasi tak boleh bergantung pada suatu perusahaan atau suatu institusi. Tetapi sertifikasi vendor sebaiknya juga diakui sebagai suatu komponen untuk memperoleh sertikasi profesi
  • Sertikasi harus mendorong terbentuknya industri lokal.
  • Sertifikasi harus memperkecil jurang antara universitas (education) dan industri. Harus dikembangkan pemetaan antara sertifikasi akademik dan sertifikasi profesi. Juga mengurangi jurang antara aktifitas riset dan industri.
  • Sertifikasi harus mendorong orang untuk memahami pengetahuan dasar yang berhubungan dengan keahlian terapan pada profesi tersebut. Hal ini akan membantu orang untuk memperbaiki pengetahuannya, sebab mereka tidak ahnya belajar dari “keahlian tertentu” untuk suatu saat saja, tetapi mereka memiliki pengetahuan dasar untuk memehami teknologi baru.
  • Sertifikasi tak boleh mengabaikan kemajemukan orang. Sebagai contoh bahasa, dan kebiasaan lokal. Sehingga untuk kompetensi dalam bidang komunikasi, kemampuan berbahasa lokal perlu dipertimbangkan juga.

Sertifikasi Nasional dan Internasional

Sumber :
  • http://www.sertifikasi-microsoft.com/2012/10/sertifikasi-nasional-dan-international.html

Sertifikasi Nasional
Ada dua jenis sertifikat yang diterbitkan oleh LSP Telematika, yaitu Certificate of Competence dan Certificate of Attainment.
  • Certificate of Competence. Yaitu sertifikasi berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional indonesia (KKNI). Certificate of Competence merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.
  • Certficate of Attainment. Yaitu sertifikasi atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar.

Sertifikasi Internasional
  • Sertifikasi untuk Bahasa Pemrograman
JAVA
Penggunaan bahasa Java dalam pembuatan aplikasiterus menunjukkan peningkatan. Secara pasti bahasa pemrograman Java mulai merebut pangsa pasar yang dulunya diisi oleh bahasa-bahasa seperti COBOL, Cobol, Visual Basic, C, System/390 Assembler dan SmallTalk.
Sun menawarkan tiga jenjang sertifikasi bagi programmer Java. Dari tingkat dasar ke advanced jenjang tersebut adalah : Sun Certified Programmer, Sun Certfied Developer, dan Sun Certified Architect. Setiap jenjang sertifikasi membutuhkan jenjang sebelumnya. Contoh, untk mengambil sertifikasi Developer Anda harus memiliki sertifikasi Programmer. Sun Certified Programmer adalah sertifikasi paling dasar dari Sun untuk programmer Java.
Sun Certified Developer adalah anak tangga selanjutnya dari sertifikasi Sun. Anda mungkin berpikir hanya perlu sekali lagi mengerjakan soal-soal pilihan ganda untuk menjadi seorang Certified Java Developer, tetapi Sun menuntut lebih banyak dalam ujian untuk jenjang ini.
Sun Certified Enterprise Architect for J2EE adalah sertifikasi premium dari Sun. Sebagaiman dicerminkan oleh namanya, sertifikasi ini sangat berfokus pada enterprise.

MICROSOFT.NET
Untuk para developer ada dua jenis sertifikat yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai pengakuan atas keahlian dalam pengetahuan dan keterampilan Microsoft.Net : Microsfot Certification Application Developer (MCAD) dan Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).
Sertifikasi MCAD dibuat oleh Microsoft sebagai respon terhadap kebutuhan industri akan sebuah sertifikasi yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan, memaintain, dan mendeploy aplikasi Web atau dekstop berbasis Windows dengan skala kecil sampai menengah.
MCSD merupakan salah satu sertifikat TI dengan reputasi yang dikenal baik di kalangan industri. Dengan mengantongi sertifikat MCSD, seseorang dianggap telah mampu mendemonstrasikan kemampuan yang dibutuhkan untuk memimmpin sebuah organisasi dalam proses perancangan, implementasi dan adminstrasi dari suatu solusi bisnis dengan menggunakan produk Microsoft.

  • Sertifikasi Untuk Database
ORACLE
Sertifikasi Oracle menjadi salah satu sertifikasi yang paling populer dan banyak dicari. Laporan IDC Certified Report 2002 menyebutkan bahwa sertifikasi Oracle adalah kualitas yang paling dicari oleh pasar TI.
Oracle saat ini menawarkan tiga jenis sertifikasi Oracle. Oracle Certified DBA adalah sertifikasi yang menguji penguasaan teknologi dan solusi Oracle dalam menjalan peran sebagai administrator database. Pada jalur sertifikasi ini terdapat tiga jenjang sertifikasi berikut :
- Oracle Certified DBA Associate
- Oracle Certified DBA Profesional
- Oracle Certfied DBA Master

MICROSOFT
Microsoft menawarkan satu jenis sertifikasi untuk penguasaan teknologi produk database andalannya, Microsoft SQL Server. Microsoft Certified DBA adalah sertifikasi yang diberikan sebagai pengakuan kemampuan merancang, mengimplementasi, dan melakukan administrasi database Microsoft SQL Server.
Untuk mendapatkan sertfikasi MCDBA setiap kandidat harus lulus tiga ujian inti dan satu ujian pilihan. Ujian inti ini terdiri dari satu ujian materi administrasi SQL Server, satu ujian perancangan databse SQL Server, dan satu ujuan Windows 2000 Sever atau Windows Server 2003. Sebagai tambahan ujian inti, kandidat harus lulus satu ujian pilihan dalam salah satu bidang keahlian produk Microsoft.

  • Sertifikasi Untuk Office
Sertifikasi Microsoft Office Specialist (Office Specialist) adalah sertifikasi premium untuk aplikasi dekstop Microsoft. Sertifikasi ini merupakan sertifikasi dengan standar global untuk validasi keahlian dalam menggunakan Microsoft Office dalam meningkatkan produktivitas kerja.
Fokus dari sertifikasi Office Specialist aalah mengevaluasi pemahaman menyeluruh terhadap program-program Microsoft Office dan Microsoft Project, kemampuan untuk menggunakan feature-feature advanced, dan kemampuan untuk mengintegrasikan program-program Office dengan software lain.
Sertifikasi Office Specialist tersedia dalam tiga jalur : Office 2003 Editions, Office XP, dan Office 2000. Untuk setiap jalur sertifikasi terbagi dalam tiga jenjang keahlian yaitu Specialist, Expert, dan Master.
Selain untuk program-program yang termasuk suite aplikasi Microsoft Office, sertifikasi Office Specialist juga menawarkan sertifikasi khusus untuk Microsoft Projec 2002 dan Microsoft Project 2000. Ujian sertifikasi Office Specialist untuk Microsoft Project difokuskan pada kemampuan menggunakan berbagai tool Microsoft Project dalam pelaksanaan berbagai tahapan proyek, seperti perencanaan proyek, kustomisasi grafik dan laporan kemajuan proyek dan memfasilitasi berbagai kegiatan kolaborasi dan komunikkasi tim.

Minggu, 11 Mei 2014

MODEL DAN STANDAR PROFESI

sumber :

MODEL DAN STANDAR PROFSESI DI EROPA (INGGRIS, JERMAN DAN PERANCIS)
1. Pribadi Atribut
   Pekerjaan therapist memiliki integritas pribadi, kehandalan, keterbukaan pikiran dan loyalitas yang berkaitan dengan konsumen dan bidang professional dan keseluruhan. Pekerjaan terapis merupakan pendekatan terhadap semua konsumen yaitu menghormati dan memperhatikan situasi masing-masing konsumen. Pekerjaan ini juga tidak bertindak diskriminasi terhadap para konsumen. Rahasia informasi pribadi para konsumen akan dijamin dan setiap rincian pribadi yang disampaikan berdasarkan persetujuan mereka.
2. Perilaku dalam tim terapi pekerjaan dan dalam tim multi disiplin
   Pekerjaan terapis bekerja sama dan menerima tanggung jawab dalam satu tim yang mendukung tujuan medis dan psikososial yang telah ditetapkan. Pekerjaan terapis adalah menyediakan laporan tentang kemajuan intervensi mereka dan memberikan anggota lain dari tim dengan informasi yang relevan. Pekerjaan terapis berpartisipasi dalam pengembangan profesional melalui belajar sepanjang hidup dan selanjutnya menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam kerja profesional mereka.
3. Promosi profesi
 Pekerjaan terapis mempunyai komitmen untuk memperbaiki dan mengembangkan profesi pada umumnya. Mereka juga prihatin terhadap promosi terapi okupasi yang lain, masyarakat organisasi professional dan pengaturan badan-badan nasional seta internasional tingkat regional.
4. Standar praktek konsumen
   Untuk tujuan standar COTEC Praktek Konsumen, istilah yang digunakan untuk menjelaskan pasien, klien dan atau wali. Hal ini juga termasuk mereka yang merupakan tanggung jawab terapis kerja.

MODEL DAN STANDAR PROFESI DI USA DAN KANADA
1. Pribadi Standar
Petugas pembiayaan pemerintah harus menunjukkan dan mendedikasikan cita-cita tertinggi, kehormatan dan integritas dalam semua hubungan masyarakat serta pribadi untuk mendapat rasa hormat, kepercayaan dan keyakinan yang mengatur pejabat, karyawan dan masyarakat. Mereka harus mematuhi praktek profesional yang telah disetujui dan merupakan standar yang dianjurkan.
2. Tanggung Jawab Pejabat Publik
Petugas pembiayaan pemerintah harus mengakui dan bertanggung jawab sebagai pejabat di sektor publik. Mereka harus menjunjung tinggi undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan mereka dan melaporkan pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
3. Pengembangan Profesional
Petugas pembiayaan pemerintah bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk meningkatkan kompetensi kolega mereka dan untuk memberikan dorongan bagi mereka yang ingin memasuki bidang keuangan pemerintah. Petugas pembiayaan pemerintah bertanggung jawab kepada petugas keuangan untuk meningkatkan keunggulan dalam pelayanan publik.
4. Integritas Profesional – Informasi
Petugas pembiayaan pemerintah harus menunjukkan integritas profesional dalam penerbitan dan pengelolaan informasi. Mereka harus sensitif dan responsif terhadap pertanyaan dari masyarakat dan media dalam kerangka kebijakan pemerintah negara bagian atau lokal.
5. Integritas Profesional – Hubungan
Petugas pembiayaan pemerintah harus bertindak dengan kehormatan, integritas dan kebijakan dalam semua hubungan profesional. Mereka akan mempromosikan kesempatan kerja yang sama sehingga tidak terdapat diskriminasi, pelecehan atau praktik yang tidak adil lainnya.
6. Konflik Kepentingan

Petugas pembiayaan pemerintah harus secara aktif menghindari munculnya kenyataan yang berbenturan dengan kepentingan. Mereka tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya demi kepentingan pribadi atau politik.

Profesi di Bidang IT

sumber :

  • http://alvin-andhika.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-profesi-it-di-indonesia-dan.html
  • http://www.jobloker.com/id/component/content/article/4/124-aneka-profesi-di-bidang-it


A. TUGAS UNTUK BERBAGAI PROFESI DI BIDANG IT
Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang IT atau Teknologi Informasi. Perkembangan dunia IT telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas. Munculnya bidang IT yang baru juga memunculkan profesi di bidang IT yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing. Berikut ini merupakan aneka profesi di bidang IT yang perlu kamu ketahui jika ingin berkecimpung di bidang pekerjaan IT atau Teknologi informasi.  
1. Programmer
Programmer adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan.
Tugas:
  • Membuat program baik aplikasi maupun system operasi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ada.
Kualifikasi:
  • Menguasai logika dan algoritma pemrograman
  • Menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, Ajax, CSS, JavaScript, C++, VB, PHP, Java, Ruby dll.
  • Memahami SQL
  • Menguasai bahasa inggris IT

2. Network Engineer
    Network Engineer adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
    Tugas:
    • Membuat jaringan untuk perusahaan atau instansi
    • Mengatur email, anti spam dan virus protection
    • Melakukan pengaturan user account, izin dan kata sandi
    • Mengawasi penggunaan jaringan
    Kualifikasi:
    • Menguasai server, workstation dan hub/switch

    3. System Analyst
      System Analyst adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
      Tugas:
      • Mengembangkan perangkat lunak/software dalam tahapan requirement, design dan construction
      • Membuat dokumen requirement dan desain software berdasarkan jenis bisnis customer
      • Membangun framework untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer
      Kualifikasi:
      • Menguasai keahlian sebagai programmer
      • Menguasai metode dan best practice pemrograman
      • Memahami arsitektur aplikasi dan teknologi terkini

      4. IT Support
        IT Support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Profesi ini cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan pendidikan khusus.
        Tugas:
        • Install software
        • Memperbaiki hardware
        • Membuat jaringan
        Kualifikasi:
        • Menguasai bagian-bagian hardware komputer
        • Mengetahui cara install program atau aplikasi software
        • Menguasai sejumlah aplikasi umum sistem operasi komputer

        5. Software Engineer
          Software Engineer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
          Tugas:
          • Merancang dan menerapkan metode terbaik dalam pengembangan proyek software
          Kualifikasi:
          • Menguasai keahlian sebagai programmer dan system analyst
          • Menguasai metode pengembangan software seperti RUP, Agile, XP, Scrum dll.

          6. Database Administrator
            Database Administrator adalah mereka yang memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki database.
            Tugas:
            • Menginstal perangkat lunak baru
            • Mengkonfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator
            • Mengelola keamanan database
            • Analisa data di database
            Kualifikasi:
            • Menguasai teknologi database seperti Oracle, Sybase, DB2, MS Access serta Sistem Operasi
            • Menguasai teknologi server dan storage.

            7. Web Administrator
              Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website.
              Tugas:
              • Menjaga kelancaran akses situs (instalasi dan konfigurasi sistem)
              • Merawat hosting dan domain
              • Mengatur keamanan server dan firewall
              • Mengatur akun dan kata sandi untuk admin serta user
              Kualifikasi:
              • Menguasai keahlian seorang programmer
              • Menguasai jaringan (LAN, WAN, Intranet)
              • Menguasai OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)

              8. Web Developer
                Web Developer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memberikan konsultasi pembangunan sebuah situs dengan konsep yang telah ditentukan.
                Tugas:
                • Menganalisa kebutuhan sistem
                • Merancang web atau situs (desain dan program)
                • Mengaktifkan domain dan hosting
                • Pemeliharaan situs dan promosi
                Kualifikasi:
                • Menguasai pemrograman web
                • Menguasai pengelolaan database
                • Mengerti domain dan hosting
                • Menguasai sistem jaringan

                9. Web Designer
                  Web designer adalah mereka yang memiliki keahlian dalam membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs secara visual.
                  Tugas:
                  • Mendesain tampilan situs
                  • Memastikan tampilan gambar berfungsi ketika ditambahkan bahasa pemrograman
                  Kualifikasi:
                  • Menguasai HTML, CSS dan XHTML
                  • Menguasai Adobe Photoshop & Illustrator
                  • Memiliki jiwa seni dan harus kreatif

                  B. JENIS-JENIS PROFESI IT DI INDONESIA DAN PERBANDINGANNYA DENGAN NEGARA LAIN

                  Berikut adalah 10 jenis profesi pada bidang IT di Indonesia:
                  1. Analyst Programmer
                  Seorang analis bertugas untuk merancang, membuat 'code' program, dan menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan sebuah sistem atau aplikasi.


                  2. Web Designer
                  Mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut.



                  3. Systems Programmer/Softaware Engineer
                  Seseorang dengan posisi ini, harus terbiasa dengan pengembangan software 'life cyclces' dan memiliki keterampilan dalam mendesain suatu aplikasi, bahkan sistem. Tugasnya adalah menyiapkan program sesuai dengan spsifikasi, melakukan dokumentasi program, dan menguji program yang telah dibuat.



                  4. IT Executive
                  Seorang eksekutif IT bertanggung jawab untuk memelihara kecukupan, standard & kesiapan systems/infrastructure untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif & efisien. Selain itu
                  harus juga menerapkan prosedur IT & proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.



                  5. IT Administrator
                  Tugasnya adalah menyediakan implementasi & administrasi yang meliputi Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) dan koneksi dial-up, firewall, Proxy serta pendukung teknisnya.



                  6. Network Administrator
                  Mengurusi & mengoperasi jaringan LAN maupun WAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap perangkat kerasnya.



                  7. Database Administrator
                  Bertanggung jawab Untuk administrasi & pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem database.



                  8. Systems Engineer
                  • Menyediakan rancangan sistem & konsultasi terhadap pelanggan.
                  • Memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya.
                  • Termasuk melakukan pelatihan teknis ke pelanggan & IT administrator.
                  9. Network Support Engineer
                  • Melaksanakan komunikasi & analisa sistem networking
                  • Mendisain perencanaan untuk integrasi. Mendukung jaringan pada internet, intranet & extranet.
                  • Menganalisa & ikut ambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan & implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN & WAN
                  10. IT Manager
                  • Mengatur kelancaran dari sistem IT.
                  • Troubleshooting & membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT.
                  • Sesuai dengan pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan.

                  PERBANDINGAN DENGAN NEGARA LAIN

                  • Singapore
                  Pada model Singapore juga dilakukan pembagian berdasarkan tingkatan senioritas. Misal pada System development dibagi menjadi:


                  1. Programmer
                  2. Analyst/Programmer
                  3. Senior Analyst/Programmer
                  4. Principal Analyst/Programmer
                  5. System Analyst
                  6. Senior System Analyst
                  7. Principal System Analyst

                  • Malaysia
                  Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore, juga membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Tetapi berbeda dalam melakukan ranking senioritas, misal untuk System Development:


                  1. Programmer
                  2. System Analyst/Designer
                  3. System Development Executive

                  • Inggris
                  Model British Computer Society (BCS)

                  Untuk model BCS pekerjaan diklasifikasikan dalam tingkatan sebagai berikut :

                  Level 0 . Unskilled Entry

                  Level 1 . Standard Entry
                  Level 2 . Initially Trainded Practitioner
                  Level 3 . Trained Practitioner
                  Level 4 . Fully Skilled Practitioner
                  Level 5 . Experienced Practitioner/Manager
                  Level 6 . Specialist Practitioner/Manager
                  Level 7 . Senior Specialist/Manager
                  Level 8 . Principal Specialist/Experienced Manager
                  Level 9 . Senior Manager/Director

                  Jumat, 09 Mei 2014

                  DRAFT KONTRAK KERJA

                  Sumber :
                  http://jijidzone.blogspot.com/2011/05/contoh-draft-kontrak-kerja-untuk-proyek.html

                  Contoh draft kontrak kerja:


                  SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA
                  SERVICE DAN PERAWATAN KOMPUTER


                  Yang bertanda tangan dibawah ini :

                  • NAMA : ARDI SETIAWAN
                  • JABATAN : KEPALA MANAJER 
                  • PERUSAHAAN : PT. LANDLINE
                  • ALAMAT : CYBER BUILDING, Lt. 7, JL. KUNINGAN BARAT NO. 8, KUNINGAN, JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA 12710 

                  • Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. LANDLINE, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

                  • NAMA : MUHAMMAD ZIDNI ILMAN 
                  • JABATAN : TEKNISI
                  • PERUSAHAAN : PT. PCS SUITE
                  • ALAMAT : ADS BUILDING, Lt. 3, JL. PANJANG NO. 71, KEBON JERUK, JAKARTA BARAT, DKI JAKARTA 11510 

                  • Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. PCS SUITE, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

                  • Bahwa Pihak Kedua adalah seorang Teknisi Freelance yang bergerak dalam
                  bidang usaha jasa dan perdagangan informasi teknologi.
                  • Bahwa antara Kedua belah pihak telah mufakat untuk mengadakan perjanjian kontrak service pemeliharaan dan perbaikan komputer pada kantor Pihak Pertama dengan biaya sebesar 

                  Rp. 15.000.000 / Bulan



                  • Dengan ketentuan sebagai berikut :

                  Pasal 1
                  BENTUK KONTRAK KERJA


                  1. Bentuk kontrak kerja adalah pelaksanaan kegiatan Maintenance Support and Services (Jasa Perbaikan Komputer (CPU, Monitor dan Printer), Networking Maintenence and Installation (Instalasi dan perawatan Jaringan), Hardware and Software Computer Procurement (Pengadaan Hardware dan Software Komputer)
                  2. Daftar, jumlah dan klasifikasi komputer (CPU, Monitor, Printer) yang menjadi tanggung jawab Pihak Kedua sebagaimana terlampir.

                  Pasal 2
                  RUANG LINGKUP KERJA


                  • Ruang lingkup kerja jasa perbaikan komputer adalah sebagai berikut :
                  1. Seluruh CPU (Central Processing Unit), daftar dan spesifikasinya sesuai dengan pasal 1 ayat 2 sebagaimana terlampir. Khusus untuk pelaksanaan service printer dan monitor dilakukan dengan kesepakatan baru diluar perjanjian yang telah disepakati ini
                  2. Install software dan perbaikan installasi jaringan (LAN), tidak termasuk konfigurasi ulang kabel dan instalasi kabel jaringan baru

                  Pasal 3
                  JANGKA WAKTU PELAKSANAAN


                  • Jangka waktu pelaksanaan kontrak kerja jasa service komputer ini berlangsung selama 2 Bulan, dan kontrak kerja ini dapat diperpanjang untuk masa kerja Bulan berikutnya dengan ketentuan yang sama dan atau ada beberapa perubahan yang disepakati bersama.

                  Pasal 4
                  SISTEM KERJA


                  1. Pihak Kedua akan melakukan kunjungan service wajib sebanyak dua kali dalam sebulan 
                  2. Pihak Kedua akan melakukan kunjungan service wajib ke tempat Pihak Pertama minggu pertama dan minggu ketiga tiap bulannya. 
                  3. Diluar kunjungan service Pihak Kedua wajib memenuhi setiap panggilan Pihak Pertama apabila ada perangkat komputer/jaringan yang rusak selambat-lambatnya 2 x 24 Jam Pihak Kedua sudah harus memperbaiki perangkat komputer tersebut

                  Pasal 5
                  ANGGARAN BIAYA


                  1. Pihak Pertama setuju untuk membayar jasa perbaikan bulanan komputer kepada Pihak Kedua sesuai dengan kontrak yang telah disepakati
                  2. Khususnya untuk Monitor dan Printer pembayaran dilakukan diluar kontrak service dengan kesepakatan baru sesuai perjanjian kedua belah pihak
                  3. Jasa perbaikan service komputer dan jaringan sebagaimana dimaksud pada pasal 5 ayat (1) belum termasuk biaya untuk penggantian spare part
                  4. Penyesuaian biaya jasa perbaikan computer akan dilakukan setiap 3 bulan sekali atau dengan kesepakatan bersama.

                  Pasal 6
                  PEMBAYARAN JASA SERVICE


                  • Pembayaran jasa service komputer dilakukan oleh Pejabat Bagian Keuangan yang ditunjuk oleh Pihak Pertama setelah mendapatkan surat tagihan yang disampaikan oleh Pihak Kedua paling lambat tanggal 20 (dua puluh) setiap bulannya.

                  Pasal 7
                  HAK DAN KEWAJIBAN


                  • Kewajiban Pihak Pertama
                  1. Menyediakan ruangan dan fasilitas kerja bagi Pihak Kedua untuk melakukan kegiatan, terutama untuk kegiatan-kegiatan sevice besar
                  2. Membayarkan jasa service kepada Pihak Kedua paling lambat tanggal 20 setiap bulannya
                  3. Membayar penggantian pembelian komponen (spare part) yang dilakukan oleh Pihak Kedua atas persetujuan dari Pihak Pertama 
                  4. Semua Spare Part yang dibeli mendapatkan garansi dari Pihak Kedua disesuaikan dengan jenis barang yang dibeli

                  • Hak Pihak Pertama
                  1. Memberikan peringatan (teguran) baik secara lisan atau tertulis jika Pihak Kedua tidak menjalankan tugas dan kewajibannya
                  2. Memotong biaya jasa service dan atau menunda pembayaran dalam jangka waktu tertentu jika Pihak Kedua tidak menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak
                  3. Pihak pertama berhak mendapatkan jaminan kepada Pihak Kedua bahwa semua perlengkapan (komputer) yang ada di Lab / Kantor dalam keadaan baik (dapat beroperasi dengan baik), dan semua komponen (spare part) yang diganti mendapatkan garansi (garansi spare part tidak termasuk jika terbakar atas kesalahan petugas (user) di kantor dan atau atas bencana alam)
                  4. Berhak mendapatkan perlindungan data dan jaminan kerahasiaan data dari Pihak Kedua. 

                  • Kewajiban Pihak Kedua
                  1. Melakukan kegiatan service dan memperbaiki semua perlengkapan komputer yang ada di tempat Pihak Pertama dari kerusakan dan keausan
                  2. Membuat rencana kerja/service bulanan.
                  3. Memberikan ide-ide dan saran yang dikira perlu kepada Pihak Pertama demi keamanan penggunaan Komputer
                  4. Memberikan jaminan atas kerahasiaan data Pihak Pertama tanpa terkecuali

                  • Hak Pihak kedua
                  1. Mendapatkan pembayaran jasa service komputer setiap bulan 
                  2. Meminta penggantian uang atas pembelian spare part yang diganti sesuai dengan bukti pembelian spare part 
                  3. Memberikan masukan dan pertimbangan khusus kepada Pihak Pertama atas kegiatan yang dilakukan oleh pegawai dan petugas kantor (perangkat komputer rusak akibat kelalian user/pengguna)

                  Pasal 8
                  SILANG SENGKETA


                  1. Jika kemudian hari terjadi silang sengketa antara kedua belah pihak dalam suatu hal maka akan diselesaikan melalui jalan musyawarah, dan jika tidak tercapai kesepakatan maka perjanjian ini dapat dibatalkan oleh kedua belah pihak
                  2. Sebelum Perjanjian Kontrak kerja ini dibatalkan, seluruh pihak yang terikat dalam perjanjian kerjsama ini harus terlebih dahulu melaksanakan dan mematuhi semua akad-akad perjanjian sesuai hak dan kewajibannya pada saat kontrak ini dibatalkan
                  3. Dan atau pada saat pembatalan kontrak kerja ini, Pihak Pertama harus melunasi semua pembayaran yang tertunda dan Pihak Kedua harus memperbaiki dan melengkapi semua perangkat Lab/Kantor (komputer) dan melaporkannya kepada Pihak Pertama

                  Pasal 9
                  LAIN-LAIN


                  • Hal-hal yang belum diatur dalam surat perjanjian kerjasama ini akan dibicarakan kemudian hari dan akan dicatatkan pada lampiran tambahan surat kesepakatan kontrak kerja service komputer ini.

                  Pasal 10
                  PENUTUP


                  1. Surat perjanjian kerjasama ini dibuat tanpa ada tekanan dan paksaan sedikitpun.
                  2. Surat perjanjian kontrak kerja service komputer ini dibuat rangkap 2 (dua) diatas kertas bermatrai cukup dengan mempunyai kekuatan hukum yang sama.


                  Jakarta, 6 Mei 2011


                   PIHAK PERTAMA                                                                                     PIHAK KEDUA
                  KEPALA MANAJER                                                                                       TEKNISI



                   ARDI SETIAWAN                                                                             MUHAMMAD ZIDNI ILMAN